LEWAT LOMBA BACA KITAB KUNING, PKS MOTIVASI PARA SANTRI PERDALAM KEILMUAN


Partai Keadilan Sejahtera menggelar Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) ke-V untuk babak penyisihantingkat daerah Gresik dan Lamongan di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Gresik, Ahad (28/11). 

Acara ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun Fraksi PKS DPR RI, Maulid Nabi Muhammad, serta Hari Santri Nasional. Kitab yang dilombakan merupakan Kitab Kuning Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-malbary. 

Diikuti oleh 9 peserta  dari berbagai pondok pesantren, lomba dihadiri oleh Ketua Bidang Pembangunan Keummatan dan Dakwah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Muhammad Aziz, ketua Bidang Pembinaan Daerah (BPD) X PKS Gresik Lamongan Acmad Zakaria dan ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Gresik Fahrizal Muhammad Kohar. Sementara yang menjadi juri adalah KH. Achmad Syafi'i, Lc, MThI .

Dalam sambutannya, Muhammad Aziz menjelaskan ada empat tujuan dilaksanakannya Lomba Baca Kitab Kuning, yakni sebagai penghormatan dan penghargaan kepada para santri yang merupakan calon ulama di masa depan.    

“Juga dalam rangka menjalin komunikasi harmonis dengan kalangan pesantren, memberikan motivasi para santri agar semangat dalam memperdalam dan mengkaji kitab kuning, serta dalam rangka mendorong generasi muda mendalami Islam dari sumber aslinya,”katanya lagi

Senada dengan Muhammad Aziz, Ketua BPD X PKS Gresik lamongan, Achmad Zakaria, menjelaskan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning adalah salah satu khidmat PKS kepada ummat terutama kalangan santri dan pesantren. Dia menegaskan bahwa PKS berkomitmen untuk terus berkontribusi untuk ummat.

Sekilas, Acmad Zakaria juga menyampaikan informasi, bahwa PKS menjadi salah satu fraksi yang telah berjuang dalam mengesahkan UU Pesantren. Dengan adanya UU Pesantren, pesantren akan lebih dilindungi dan difasilitasi oleh negara. Selain UU pesantren, PKS juga telah mengusulkan RUU Perlindungan Tokoh dan simbol-simbol agama. 

“Setelah UU Pesantren, PKS juga mengupayakan Perda Pesantren juga disahkan di Jawa Timur,” tambahnya.

Untuk diketahui, pemenang lomba baca kitab kuning ini dimenangkan Tengku Urwah dari Ponpes Sidayu sebagai juara I. Juara II diraih Muhammad Afif dari ponpes Mambaus Sholihin Manyar, dan Juara III diraih Sholihan dari MBI Mambaul Falah Bawean. Juara 1, 2 dan 3 berhak  untuk mengikuti seleksi di wilayah pada tanggal 2 Desember yang akan datang.

Posting Komentar untuk "LEWAT LOMBA BACA KITAB KUNING, PKS MOTIVASI PARA SANTRI PERDALAM KEILMUAN"