SAMBUT RAMADHAN, PKS GRESIK ZIARAH KE MAKAM WALI LIMO

 


GRESIK– Menyambut Ramadhan, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Gresik melaksanakan ziarah wali limo pada hari Jum’at, 1 April 2022.

Dalam kegiatan ini, DPD PKS Gresik ikut bersama rombongan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur yang dikomandani langsung oleh ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan. Pengurus DPD yang ikut serta diantaranya ketua DPD PKS Gresik, Fahrizal Muhammad Kohar, sekretaris DPD, Danil Setiawan.

Rombongan mengunjungi makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Syekh Maulana Ishaq, Sunan Giri dan Sunan Ampel.

Menurut Fahrizal, ziarah ini bertujuan untuk mengingat kembali semangat perjuangan dakwah para wali dalam mendakwahkan agama Islam.

“Melalui ziarah wali ini kita berharap bisa mengambil pelajaran betapa para waliyullah berjuang dengan sungguh-sungguh, dengan berbagai cara demi menyebarkan Islam di bumi Nusantara ini”, ujarnya.

Fahrizal berharap pengurus DPD yang ikut ziarah bisa meneruskan perjuangan para wali ini.

“Kita punya kewajiban untuk menjaga warisan ini sebagai bagian dari menjaga Islam di bumi Nusantara ini. Dan menjaga Indonesia adalah bagian dari menjaga apa yang telah diwariskan para wali untuk kita”, Tambahnya.



Sementara itu ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan Ziarah wali mengatakan kegiatan ziarah wali ini merupakan salah satu khasanah kebaikan.

“PKS sebagai partai Islam rahmatal lil alamin harus juga melakukan kegiatan ziarah wali ini,” katanya.

Irwan meminta pengurus PKS di Jawa Timur bisa meneladani perjuangan para wali mengenalkan agama Islam.

“Para wali itu benar-benar menunjukkan Islam adalah agama yang rahmatal lil alamin. Mereka contoh sukses mempraktikkan semangat transformasi dan kolaborasi dengan masyarakat, persis ” dengan yang sedang digaungkan di Rakernas, Rakerwil dan Rakerda PKS 20200,” katanya.

Para wali, ia melanjutkan, juga berhasil melakukan banyak transformasi sosial, politik dan budaya.

“Kita mengenal Sunan Bonang yang sebagai pencipta gamelan, Sunan Drajat yang juga ahli ukir dan membuat tembang, Syekh Maulana Ishaq yang punya karomah bisa menyembuhkan penyakit atas izin Allah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, ada juga Sunan Giri yang berdakwah dengan menciptakan banyak permainan anak. Salah satu yang terkenal adalah cublak-cublak suweng.

“Para wali dan ulama itu juga bersatu, berbaur dengan masyarakat membangun nusantara ini. Ini yang harus diteladani pengurus dan anggita PKS,” tegas pria yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim ini.


Posting Komentar untuk "SAMBUT RAMADHAN, PKS GRESIK ZIARAH KE MAKAM WALI LIMO"