PKS Operasi Gratis 23 Pasien Katarak

Pasien mengantri untuk diperiksa

GRESIK | SURYA Online - Sebanyak 23 warga Kecamatan Benjeng, Cerme dan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Jawa Timur, mendapat 'fasilitas' berupa operasi katarak secara gratis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gresik dan PKS Lamongan bekerjasama dengan Yayasan Katarak Peduli (YKP).

Sebenarnya, warga yang mengajukan diri untuk mendapat bakti sosial (baksos) operasi gratis sebanyak 89 orang. Namun setelah diperiksa oleh tim medis, yang positif menderita katarak akut sebanyak 23 orang saja.

Ketua DPD PKS Gresik Adi Wisnugraha mengatakan, program sosial ini bakal digelar rutin setiap tiga bulan sekali dimana tim medis PKS akan mendatangi desa-desa yang dianggap terpencil dan butuh penanganan medis segera. Biaya untuk setiap pasien katarak, kata Didit panggilan akrabnya, mencapai Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta per mata. "Dana untuk operasi hasil kerjasama dengan Yayasan Katarak Indonesia," kata Didit di lokasi bakti sosial di Desa Dadapkuning Kecamatan Cerme, Senin (3/4/2012).

Disasarnya daerah Gresik Selatan, tambah Didit, karena jauh dari keramaian kota juga rutin menjadi langganan banjir Kali Lamong. Sebaliknya, di Gresik Selatan belum ada rumah sakit yang memadai, terutama untuk pasien penyakit katarak. "Karena itulah, PKS menggelar baksos di kawasan yang menurut kita, memang membutuhkan penanganan medis terutama penyakit mata," tambah Didit.

Posting Komentar untuk "PKS Operasi Gratis 23 Pasien Katarak"