Top Ad unit 728 × 90

Anggota Dewan PKS ke Daerah Lokalisasi PSK, Ada Apa?

Cak Jabir memberikan ALat Hadrah di Putat Jaya

Bersama Anak anak di taman bacaaan kawan kami 
Fraksi PKS Jatim - Ada pemandangan yang lain dari biasanya di daerah Putat Jaya, Rabu, 21 Desember 2011 lalu. Pagi yang cerah di kampung yang dikenal sebagai salah satu tempat lokalisasi di Kota Surabaya itu dikejutkan dengan kehadiran salah satu anggota dewan dari Fraksi PKS DPRD Jawa Timur, Ahmad Jabir.

Cak Jabir, panggilan akrab beliau, secara tiba-tiba melakukan kunjungan silaturahim ke salah satu rumah warga yang mengelola taman baca “Kawan Kami”, yang diperuntukkan bagi anak-anak Putat Jaya, khususnya mereka yang memiliki orang tua PSK (Pekerja Seks Komersial) di daerah tersebut.

Kegiatan mulia ini dimanfaatkan juga untuk memberikan bantuan pengadaan alat-alat seni musik hadrah kepada sanggar baca tersebut, dengan harapan agar bakat dan minat bermusik Islami anak-anak tersalurkan dan terwadahi.

Meski di luar masa reses, Cak Jabir memanfaatkan momen silaturahim ini untuk mendengar aspirasi dan masukan dari warga yang anak-anaknya sering bermain di sanggar baca tersebut. Pria alumnus magister teknik ITS Surabaya tersebut juga menyempatkan diri untuk sarapan bersama masyarakat dan anak-anak yang hadir, di warung sederhana milik salah satu warga. Bagi persepsi kebanyakan orang, wakil rakyat seharusnya makan di tempat yang lebih mewah dan jauh dari hidangan sederhana ala masyarakat. Namun hal itu tidak berlaku bagi pria kelahiran Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik, 42 tahun yang lalu dan penggemar masakan pecel ini.

Suara riuh anak-anak yang kegirangan menerima hibah alat-alat musik hadrah tersebut bersahut-sahutan silih-berganti. Tawa renyah dan canda polos mereka mengingatkan kita akan satu hal : HARAPAN. Anak-anak yang terlahir dari orang tua yang menggantungkan kehidupannya kepada dunia prostitusi, pada hakikatnya memiliki hak yang sama layaknya anak-anak yang terlahir ‘normal’.dan mendapatkan perlakuan kasih sayang yang sama juga.

Mereka harus menikmati apa-apa yang lazim dinikmati anak-anak negeri ini, seperti pendidikan, kesehatan, kemakmuran, dan persamaan di atas hukum. Sayangnya, tudingan negatif kebanyakan masyarakat atas diri mereka, seringkali menjadi penghalang tercapainya keadilan bagi anak-anak PSK.

Kunjungan Cak Jabir sebagai anggota dewan ke lokalisasi PSK di kawasan Putat Jaya Surabaya ini, semoga memberi kita hikmah, bahwa mungkin benar persoalan lokalisasi merupakan persoalan sosial yang kompleks dan serba dilematis. Dan tak jarang, yang rumit itu justru menghabiskan energi kita untuk berdebat siapa yang benar siapa yang salah, serta ditutup ataukan tetap dibuka.

Sekedar menciptakan ruang pendidikan dan pemberdayaan anak-anak PSK barangkali tidak menjawab keseluruhan mata rantai persoalan prostitusi yang memerlukan solusi konkret. Tetapi marilah kita belajar satu hal : Melakukan suatu perbaikan besar harus dimulai dari perbuatan kecil nan tulus, berkesinambungan, dan apa saja yang bisa kita kerjakan. (red)

sumber : http://www.fpks-jatim.org/2012/01/01/anggota-dewan-pks-ke-daerah-lokalisasi-psk-ada-apa/

Anggota Dewan PKS ke Daerah Lokalisasi PSK, Ada Apa? Reviewed by PKSTV gresik on 03.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Gresik © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.