Top Ad unit 728 × 90

MEMBENTUK KELUARGA KOKOH & HARMONIS LEWAT SEKOLAH PRA NIKAH

MEMBENTUK KELUARGA KOKOH & HARMONIS LEWAT SEKOLAH PRA NIKAH
Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang merupakan salah satu bidang garapan Deputy Ketahanan Keluarga BIDPUAN DPD PKS Gresik, hari ini Minggu 10 Juni 2012 mengadakan “stadium general sekolah pranikah” .Acara yang bertujuan untuk mendorong terbentuknya keluarga kokoh dan harmonis di kalangan kader dan masyarakat kabupaten gresik dengan segmentasi  usia 17 tahun ke atas dan tentunya yang belum menikah.  

Dilatar belakangi dengan adanya tingkat perceraian yang semakin meningkat yakni tercatat berdasarkan data tahun 2010 dari Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama RI dari 2 juta orang menikah ada 285.184 perkara yang berakhir dengan perceraian, demikian pula dalam situs BKKBN yg mencatat lebih dari 200.000 kasus perceraian di Indonesia setiap tahun.Dan saat ini ternyata angka perceraian tersebut mencapai rekor tertinggi se –Asia Pasifik.  Sedangkan berdasarkan sumber Tempo.com Surabaya Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur mencatat dalam setahun terakhir  (2011)sebanyak  61.340 pasangan suami-istri di Jatim melakukan perceraian. Dan dari jumlah ini 40.091 cerai dg cara gugatan pengadilan dan sisanya 21.249 cerai akibat talak yang dilakukan suami.
Selain faktor tersebut  dikemukakan oleh Ketua Bidang Perempuan DPD PKS Gresik yaitu Rahmawati S.Pdi diharapkan melalui sekolah pranikah ini akan memberikan dampak positif terhadap “perbaikan” masyarakat di Gresik. Karena “baik” nya suatu masyarakat secara moral dan sosial tergantung pada tatanan keluarga yang stabil. Kestabilan dan kekuatan kasih sayang dalam keluarga ditentukan oleh pemahaman dan pengetahuan tentang peran setiap anggota keluarga.
Kegiatan sekolah pra nikah adalah yang pertama di kabupaten gresik, rencananya dijadwalkan secara rutin sebulan sekali selama 5 kali pertemuan dengan materi yang bervariasi seputar persiapan dan bekal menuju jenjang pernikahan. Adapun materi perkuliahan yang akan diberikan untuk mahasiswa nya meliputi: ghorizah  (naluri mencintai), paradigm keluarga muslim, bekal menuju pernikahan, persiapan  financial pra nikah, bagaimana memilih suami/istri, khitbah, walimatul ‘urs dan akad nikah, kesehatan reproduksi, hak dan kewajiban suami-istri, skill mengelola dan menata rumah tangga, dll. Satu materi akan diasuh dengan dosen yang ahli dan berkompeten di bidang ilmunya masing-masing. Seperti ustad Farid Dhofir, ustad Kusno Hadi, ustad Adi Wisnugraha (ketua DPD PKS Gresik), dr.Uyik Unari Spm, dll.
 
            Sedangkan stadium general hari ini akan di bimbing langsung oleh  ustad Farid Dhofir, Lc. Msi alumnus LIPIA Jakarta dan berkompeten dalam memberikan bimbingan dan konsultasi keluarga. Beliau akan meyampaikan perihal Ghorizah (Naluri mencintai). Dari jumlah peserta yang sudah mendaftarkn diri sampai hari ini mencapai  sekitar 50 orang. Acara pembukaan stadium general sekolah pranikah berlangsung mulai pukul 8-11 siang dengan menyewa di Aula SDIT Al ibrah yang berada di jl. Tanjung Wira 6 No. 4. Nra
MEMBENTUK KELUARGA KOKOH & HARMONIS LEWAT SEKOLAH PRA NIKAH Reviewed by PKSTV gresik on 20.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Gresik © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.