Top Ad unit 728 × 90

MERAIH BANYAK KEBERHASILAN dengan BERPIKIR STRATEGIS

MERAIH BANYAK KEBERHASILAN dengan BERPIKIR STRATEGIS

Berpikir gambar besar memberi kita pengetahuan dan pengertian yang lebih luas dari realita kehidupan kita sekarang. Ia juga akan membuat kita mengerti banyak peluang yang ada di berbagai wilayah kehidupan yang bisa diraih. Ia juga akan menumbuhkan minat untuk berbuat, harapan untuk diwujudkan, cita-cita untuk direalisasikan. Nah agar cita-cita itu bisa kita raih, maka kita membutuhkan kemampuan berpikir strategis.

Defenisi Berpikir strategis adalah berpikir untuk kepentingan mewujudkan visi, cita-cita, harapan hidup kita dengan mendesain langkah-langkah atau cara-cara yang dibutuhkan untuk sampai ke sana, dengan mengelola segala sumber daya yang ada dan Kita miliki. Manfaat Berpikir Strategis.

Pertama : memungkinkan kita untuk tidak terjebak dalam tarikan rutinitas harian yang membuat kita tidak mengalami pertumbuhan kualitas. Setiap kita memang menjalani hidup dengan rutinitas yang secara regular kita jalani, tetapi kita punya tuntutan dan kewajiban untuk berkembang sebagai makhluk ciptaan Tuhan untuk berkontribusi positif dalam kehidupan. Nah di sinilah kita perlu untuk keluar dari perangkap rutinitas dan menyediakan waktu untuk berpikir strategis.

Kedua : menciptakan kemungkinan yang lebih besar bagi kita untuk sukses. Kalau kita berjalan dalam hidup ini tidak dengan rencana yang kita susun secara strategis, kita memang bisa sukses. Tetapi amat mungkin kita akan kehilangan efektivitas, efisiensi, dan produktifitas. Sebab kita tidak tahu bagaimana mengelola seluruh sumber daya yang kita miliki secara optimal dan maksimal. Kita dapat belajar dari Tuhan Yang Maha Esa dan Yang Maha Mengatur bahwa kehidupan ini serba teratur, prosedural, rapi, serta disiplin. Ini menjadi sebuah pertkita bahwa Tuhan punya rencana terhadap kehidupan ini.

Ketiga : terciptanya rasa nyaman dan aman dalam diri kita. Mengapa bisa? Sesungguhnya setiap tekanan psikologis, stress, depresi atau apapun istilah dan sebutannya yang terjadi dalam hidup kita merupakan akibat dari kesalahan kita dalam mengelola dan mengalokasikan sumber daya. Kita gagal, kita kalah dalam kompetisi, kita tidak dipercaya orang, kita kehilangan dukungan, serta keadaan negatif yang kita alami, semua bermuara pada kesalahan mengelola dan mengalokasikan sumber daya kita. Oleh karena itu kita butuh kemampuan berpikir strategis. Karena setelahnya, kita akan punya rencana dan langkah yang akan kita jalani. Maka kemudian sumber daya kita dapat terkelola dan teralokasikan dengan lebih baik. Inilah alasan mengapa bisa terciptanya keamanan dan kenyamanan psikologis kita. Bagaimana Melakukannya ? Pertama :kita hanya perlu membiasakan diri mulai dari sekarang untuk bisa setiap saat keluar dari rutinitas kita. Kedua: susunlah harapan, cita-cita serta visi hidup kita dari dua titik tolak. Yakni dari nilai atau idealisme hidup yang kita pegang, serta dari realitas-realitas hidup yang kita pahami dan jalani. Ketiga : gariskanlah rencana, langkah, dan tindakan yang akan kita ambil, berikut berbagai cara mengelola seluruh sumber daya yang kita miliki, yang memungkinkan kita sampai ke cita-cita hidup kita.

Keempat :kita perlu secara teratur melakukan evaluasi atas kemajuan-kemajuan yang kita sudah capai. Sebagai seorang muslim, saya sendiri terbiasa melakukan hal ini setiap selesai shalat lima waktu ,setiap shalat tahajjud dan setiap menjelang tidur.

Kelima : kita harus berdisiplin membiasakan diri dengan empat langkah di atas. Bismillah. Semoga sukses!
sumber : https://www.facebook.com/akhmad.arqom?ref=ts pks gresik
MERAIH BANYAK KEBERHASILAN dengan BERPIKIR STRATEGIS Reviewed by PKSTV gresik on 20.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Gresik © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.