Remaja yang Tak Merokok 5 Kali Lebih Bahagia

Hasil Penelitian Terbaru : Remaja yang Tak Merokok 5 Kali Lebih Bahagia

Ingin lebih bahagia dibandingkan rata-rata orang seusia Anda? Jangan merokok. Demikian penelitian terbaru mengungkapkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute for Social and Economic Research di Essex University baru-baru ini, menunjukkan, remaja yang tidak merokok secara signifikan lebih mungkin lima kali lebih bahagia, dibanding para perokok. Hasil penelitian itu dirilis dailymail.co.uk, Sabtu (5/3).

Dalam penelitian yang melibatkan sedikitnya 5.000 orang responden berusia 10-15 tahun itu juga terungkap, remaja perokok, yang minum alkohol dan makan junk food, secara signifikan lebih mungkin tidak bahagia dari rekan-rekan mereka.

Hasil pengamatan menunjukkan, remaja yang punya gaya hidup tidak sehat termasuk merokok dan banyak minum alkohol mendapatkan skor kebahagiaan 4-5 kali lebih rendah daripada yang memiliki gaya hidup sehat. Rokok paling membuat tidak bahagia, yakni dengan skor 5 kali lebih rendah.

Menurut penelitian itu, kebiasaan merokok tak hanya mempengaruhi kesehatan secara fisik saja, tetapi juga secara kejiwaan. Selain lebih memungkinkan tidak bahagia, remaja yang hobi merokok lebih rentan terjerumus dalam tindak kekerasan.

Skor kebahagiaan tertinggi diperoleh para remaja yang rajin makan sayur dan buah-buahan. Gaya hidup yang juga meningkatkan kebahagiaan menurut penelitian tersebut antara lain rajin olahraga, serta mengurangi konsumsi keripik, soda dan makanan bergula.

Menurut ketua tim peneliti, Dr Cara Brooker, kecenderungan ini teramati konsisten bahkan ketika disesuaikan dengan faktor lain seperti status ekonomi sosal dan tingkat pendidikan orangtua. Artinya hasil penelitian ini diyakini dapat mewakili populasi remaja pada umumnya.

"Pesannya adalah remaja harus memiliki gaya hidup sesehat mungkin. Ikut-ikutan menjalani perilaku orang dewasa yang tidak bahagia sama sekali tidak akan membantunya tampak dewasa," kata Dr Brooker. [IK/Hdy]

Posting Komentar untuk "Remaja yang Tak Merokok 5 Kali Lebih Bahagia"