Top Ad unit 728 × 90

Berdayakan Ibu Tumah Tangga Melalui Ketrampilan Pembuatan Bros dan Gelang



Ahad, 27 November 2011S-POS WK yang merupakan salah satu program dari Bidang Perempuan DPD PKS Gresik, mengajak para ibu rumah tangga dalam kegiatan pelatihan pembuatan bross dari manik-manik dan juga gelang. Kegiatan ini sengaja diusung oleh Ketua Bidang Perempuan dan kru nya khususnya di DPC Manyar untuk memberdayakan para perempuan utamanya ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja ataupun belum mempunyai pekerjaan.
Pelatihan ini diselenggarakan tidak hanya di DPC Manyar saja tetapi juga membidik minimal 5 kecamatan di Gresik yaitu (Kecamatan Gresik, Menganti, Cerme, Benjeng, dan Manyar) dan insyaAllah juga menyebar ke DPC yang lainnya. Kegiatan yang dikemas dengan pelatihan sederhana ini selain bertujuan untuk pemberdayaan perempuan juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran khususnya kepada para perempuan agar mempunyai “mindset” (pola pikir.red) lebih kreatif dan produktif dalam membantu suami menambah penghasilan walaupun belum dalam jumlah banyak dari sisi pendapatannya. Karena memang awalnya butuh ketelatenan dan kesabaran untuk mengawali ketrampilan membuat gelang dan bros ini.
Terlihat jelas ketika acara ini dibuka untuk pertama kalinya di DPC Manyar ibu-ibu semangat dan senang dengan pelatihan ketrampilan ini, karena jumlah yang hadir alhamdulilah hampir mencapai 30 ibu-ibu rumah tangga. Tepat pukul 9.00 acara di buka oleh panitia. Sebelum pelatihan pembuatan bros dan gelang digelar, acara juga diselingi dengan pemberian motivasi dari Ustadza Gumala Rubiyah sebagai motivatornya dengan tema “Perempuan Produktif dan Mandiri”. Beliau juga menekankan bagaimana pentingnya seorang ibu rumah tangga harus punya kreatifitas yang produktif, tidak hanya sebagai ibu rumah tangga saja tetapi juga menyiapkan diri jika suatu saat harus menghidupi sendiri keluarganya sehingga sudah memiliki sandaran lain jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Usai sessi motivasi, acara kemudian ditutup dengan do’a dan dilanjutkan pada acara inti yaitu pembuatan bros. Sengaja untuk membuat bros didahulukan karena lebih simple, kemudian diteruskan dengan membuat gelang. Pelatihan ini di isi oleh seorang GURU yang mempunyai ketrampilan dalam pembuatan bros serta gelang. Beliau juga membawakan beberapa sampel gelang dan bros yang cantik-cantik. Dan bila dilihat sekilas tampaknya rumit untuk mengawali membuatnya.
Antusiasme ibu-ibu memang tidak diragukan lagi, Bu Mus (panggilan GURU mengajarkan membuat ketrampilan bros&gelang) sampai kewalahan mengecek satu persatu kelompok ibu-ibu yang sedang berlatih membuat bros dari menggabungkan manic-manik yang disediakan. Ada yang banyak bertanya, dan ada juga yang langsung meminta Bu Mus membetulkan hasil bros yang sedang dikerjakan oleh ibu-ibu untuk dicek jika ada kekeliruan. Selain ibu-ibu tersebut, ternyata panitia juga tidak mau kalah , kami juga ikut nimbrung untuk berlatih membuat bros ini. Tepat satu jam –an ibu-ibu selesai dengan hasil karya pertamanya yaitu bros manic-manik. Dilanjut dengan pembuatan gelang yang sebelumnya di contohkan terlebih dahulu oleh Bu Mus tahapan membuatnya. Cukup rumit pada pembuatan gelang ini, namun ibu-ibu masih semangat untuk mengikuti dan ingin merampungkan meronce gelangnya.
Acara ini diakhiri setelah dhuhur , kira-kira pada pukul setengah satu. Karena untuk pembuatan gelangnya sendiri memang baru setengah tahapan dan akan dilanjutkan pada pekan berikutnya yang sudah disepakati. Tak lupa panitia memberikan ijin kepada ibu-ibu untuk membawa pulang hasil ketrampilan mereka dan sebungkus nasi untuk makan siang. Ibu-ibu juga berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini, karena salah satu ibu menyampaikan …”dari pada nganggur di rumah, kalo ada kegiatan kayak gini kan juga manfaat..”
Program POS WK yang dislenggarakan di kantor DPC Manyar (jl. Rantau No. 41) ini memang baru mengajak ibu-ibu daerah sekitar kantor DPC. Dan diharapkan memang kegiatan semacam tidak hanya dirasakan oleh masyarakat perempuan di daerah DPC Manyar saja, tetapi juga daerah yang lainnya.(Ummu Bima)5/12/11:11.30
Berdayakan Ibu Tumah Tangga Melalui Ketrampilan Pembuatan Bros dan Gelang Reviewed by PKSTV gresik on 19.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Gresik © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.