Top Ad unit 728 × 90

[Krisis Nuklir 2] PLTN Fukushima dan Radiasi oleh Partai Keadilan Sejahtera pada 17 Maret 2011 jam 20:13



oleh Partai Keadilan Sejahtera pada 17 Maret 2011 jam 20:13

Assalamu alaikum wr wb
Salam Sejahtera bagi kita semua.
Mudah-mudahan bisa membantu memberikan informasi terkait kejadian krisis nuklir di Jepang. Mohon bagi siapa saja yang bisa memberikan data lebih detail atau bisa menkoreksi pernyataan saya apabila ada kesalahan dan kekurangannya.

1. Kronologis umum Kecelakaan PLTN Fukushima
PLTN di fukushima ada 2 daerah yaitu fukushima dai 1 dan fukushimas dai 2. Di Lokasi fukushima dai 1 ada 6 unit PLTN dan di fukushima dai 2 ada 4 unit PLTN. Saat gempa terjadi di fukushima dai 1, unit 1,2,dan 3 sedang beroperasi dan unit 4,5,6 dalam keadaan tidak beroperasi karena inspeksi dll. Difukushima dai 2 unit 1,2,3,4 semua dalam keadaan beroperasi. Ketika gempa terjadi secara otomatis semua reaktor yang sedang beroperasi di fukushima dai 1 dan 2 berhenti. Sama juga kalau PLTN didaerah lainnya kalau ada gempa akan otomatis berhenti beroperasi. Artinya semua reaktor sudah berhenti melakukan reaksi fisi dan tidak mengalami reaksi berantai.

2. Decay Heat atau peluruhan panas
Setelah reaktor diberhentikan secara mendadak, tidak tiba2 semuanya selesai, perlu penanganan selanjutnya yaitu menurunkan panas dari decay heat produk fisi yang diperkirakan masih ada 7% dari total power yang ada. Proses pendinginan diperlukan untuk mendinginkan peluruhan tersebut. Setelah proses itu terjadi, muncullah tsunami, yang mengakibatkan sustem listrik sirkulasi pendingin macet dan juga generator backup juga terendem dan macet. karena tidak ada supplai pendingin air, akhirnya teras mengalami kekurangan air dan temperatur panas yang akbitanya merusak cladding bahan bakar (material slongsong pelindung fuel) dan dengan suhu tinggi akbiatnya cladding zircaloy tersebut berinteraksidengan uap air menghasilkan gas hidrogen dan dari gas hidrogen yang ikut keluar lewat pori vessel karena kecil ukurannya dan mungkin juga melalui cooling pipa dan berinteraksi dengan udara luardan meledaklah.

3. Reaktornya sudah tidak beroperasi
Karena reaktor sudah tidak beroperasi, maka problemnya adalah mendinginkannya karena peralatan sirkulasi air gagal, akibatnya memerlukan suplai air dari luar yaitu air laut yang bisa secara efektif merendamkan reaktor dan mendingin kan terasnya. Jadi permasalahan yang terjadi adalah berupaya menurunkan temperatur yan tinggi terus yang bisa merusak cladding dan fuel itu sendiri kalau tidak didinginkan.

4. Radiasi dan dosis
Radiasi yang dikeluarkan ada dua tipe yaitu radiasi peluruhan karena alpha, beta dan gamma dan radiasi karena reksi berantai neutron. Untuk kasus fukushima ini adalah radiasi yang diakibatkan peluruhan terutama gamma, dan tidak karena reaksi neutron. Penyebaran radiasi dan dosisnya. Secara prinsip, besaran quantitative radiasi semakin jauh dari sumber akan semakin kecil karena berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, akan tetapi bergantung dari kecepatan angin dan arah anginnya. Tetapi secara umum daerah yang jauh akan lebih aman dari yang dekat sumber. Dan radiasi akan cenderung menurun karena sifat alaminya, asalkan sumbernya tidak membesar juga seiring berjalannya waktu.
Sebagai data yang bisa di lihat dari data radiasi per provinsi di jepang silahkan lihat ini.
(http://eq.yahoo.co.jp/)
Realtime di tokai mura 150 KM dari fukushima.
http://www.jaea.go.jp/04/ztokai/kankyo_e/realtime/graph24.html.
Realtime di Ibaraki
http://www.pref.ibaraki.jp/important/20110311eq/20110317_17/index.html
Terkait informasi radiasi
http://www.jaea.go.jp/04/ztokai/kankyo_e/kaisetsu/expln_1.html

Sebagai referensi radiasi:
I. Aktifitas sehari-hari manusia
a. 0.05 miliSv : X-ray Check 1x
b. 0.19 miliSv : Perjalanan pesawat terbang dari Tokyo ke Newyork
c. 1 MiliSv : Radiasi alam (orang biasa) diterima pertahun
d. 6.9 MiliSv : CT Scan
e. 10 Mili Sv : Radiasi alam di garapari, Brasil pertahun
f. < 150 Mili Sv : Tidak ada gejala serius (aman)

Basis referensi: Untuk dosis radiasi diluar untuk pengobatan dan radiasi alami:
1. 1 Mili Sv per tahun : Radiasi yang diterima seorang masyarakat umum, kalau WHO memberikan nilai berbeda dimana radiasi alam yang diterima perorang pertahun adalah 3 mili Sv. Dari US NRC rata-rata orang amerika terkena radiasi alam sebanyak 0.62 miliSv. Dan sebagai kebijakan preventive dose 1 Mili Sv pertahun dan 5 MiliSv untuk thyroid.
2. 50 mili Sv per tahun : Untuk pekerja instansi radiasi nuklir dan dalam 5 tahun 100 Mili SV.

Mohon maaf kalau ada yang salah dan tidak memuaskan

Salam Perjuangan dan Tetap Semangat
Sidik Permana
[Krisis Nuklir 2] PLTN Fukushima dan Radiasi oleh Partai Keadilan Sejahtera pada 17 Maret 2011 jam 20:13 Reviewed by PKSTV gresik on 15.16 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by PKS Gresik © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.